Rabu, 21 Maret 2012

Anti?

Kata yang satu ini erat sekali kaitannya dengan ketidaksetujuan atau penentangan. Kalo menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia maknanya adalah berikut ini

1anti- bentuk terikat (melawan; menentang;
memusuhi: gerakan --imperialis; undangundang
--korupsi
2anti a tidak setuju; tidak suka (senang): ia
sangat -- thd rencana itu

Seringkali kita lihat ada kelompok tertentu yang anti terhadap xxx, lalu dibalas lagi dengan munculnya kelompok yyy yang anti terhadap kelompok yang anti terhadap xxx. Makin lama mungkin bakal nongol juga kelompok yang anti terhadap anti (meskipun ini tentu udah menyalahi hakikat sebuah keantian itu sendiri).

Saya ambil contoh saja dari dunia multimedia. Ada kelompok yang suka memakai windows, ada yang suka mac, ada yang suka linux. Dan di antara kubu-kubu tersebut muncul juga kelompok yang bersifat anti terhadap kompetitornya. Sekarang lahir lagi yang serupa itu, namun dengan bendera android vs blackberry vs iphone. "Pertempuran" di antara mereka masih selalu nyaris jalan ceritanya, melebih-lebihkan kubunya dan merendahkan lawannya. Dan kadang suka melebar dengan menyerang usernya juga (yang kalau dalam terminologi spectre soccer room kaskus bisa dikategorikan sebagai Personal Insult).

Itu salah satu contoh di salah satu bidang saja. Masih banyak lagi yang pastinya bakal kita temukan di kehidupan kita sehari-hari.

Saya tidak hendak menyimpulkan apa-apa dari tulisan saya yang gak mutu ini. Selain saya sadar kemampuan saya memang terbatas, dan di tengah keterbatasan itu pun saya sedang enggan untuk memaksimalkan diri dikarenakan kemalasan yang sedang akut-akutnya, hehehe... Pro kontra, setuju tidak setuju, suka tidak suka, sudah berumur sangat tua sekali, sama tuanya dengan umur dunia ini. Pastinya kita gak bisa maksain pihak lain mesti sepaham terus dengan kita. Tinggal pandai-pandainya kita saja dalam menyikapi perbedaan itu.

Tentu anda sangat boleh jadi tidak puas dengan tulisan saya ini. Wajar saja...karena memang saya bukan alat pemuas.

Dan anda pun boleh anti terhadap tulisan ini, hehehe....

Peace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar